Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 Agustus 2013

SYAIR ARAB & NASEHAT SERTA ATSAR SALAFUS SHOLEH

2. Di pimpin oleh penguasa yang zalim selama tujuh puluh tahun itu lebih baik bagi umat dari pada tidak ada pemimpin walaupun satu hari 

سلطان جائر سبعين سنة خير من
أمة سائبة ساعة من نهار




جاء في "ترتيب المدارك" للقاضي عياض (2/493) في ترجمة الإمام الفقهي قرعوس بن العباس بن قرعوس بن حميد الثقفي أبو الفضل القرطبي الأندلسي – المتوفى سنة 220هـ - ما نصه:«كان ممن اتُهم بالهيج والقيام بالرّبض – أي الخروج – على السلطان، فسيق فيمن سيق مُلببًا، ووقف به تحت النطع – أي قدم لتضرب عنقه -، وكلمه على لسان الأمير، وقال له:مثلك من أهل الديانة والأمانة في العلم، يتابع السفلة. فلو نفذ لهم أمرًا كم كان يهتك من الستور ويستحل من الفروج، إلى أن يقوم إمام يريح الناس. فقال: معاذ الله أن أفعل وأن أقع في مثل هذا، بيدٍٍ أو لسانٍ، فقد سمعت مالكًا والثوري يقولان:سلطان جائر سبعين سنة خير من أمة سائبة ساعة من نهار. فقال له الحكم: أنت سمعت هذا منهما؟ قال: لقد سمعته منهما، فخلى سبيله».


      Telah di sebutkan dalam sebuah kitab "Tartib al-Madaarik" karangan Qodhi Iyadh rahimahullah 2/493 ketika beliau sedang menjelaskan biografinya Imam ahli fikih Qur'us bin al-Abas bin Humaid ats-Tsaqofi Abu Fadhl al-Qurthubi al-Andalusi yang meninggal pada tahun 220 H, sebagai berikut: 
    Imam Qodhi Iyadh mengatakan, "Beliau adalah salah seorang yang dituduh telah melakukan gerakan bawah tanah untuk memberontak dan keluar dari pemerintahan, maka beliau di giring bersama dengan orang-orang yang tertangkap, kemudian beliau di jongkokkan di bawah kaki supaya di penggal lehernya, lantas sang pemimpin berkata kepadanya, "Orang sepertimu yang telah di kenal dengan ke sholehan serta amanah di dalam menjaga ilmu, mau mengikuti orang-orang rendahan? Kalau sekiranya makar mereka berhasil berapa banyak kehormatan yang akan terobek serta kenistaan yang akan terjadi, sampai tegaknya pemimpin yang akan mendamaikan manusia". Maka beliau menjawab: "Celaka lah diriku sekiranya aku melakukan dan ikut terjatuh pada perkara semacam ini, dengan kedua tangan ku ini atau dengan lisanku. Sungguh saya pernah mendengar Imam Malik dan Imam ats-Tsauri keduanya pernah mengatakan, "Pemimpin yang zalim selama tujuh puluh tahun lebih baik bagi umat dari pada tidak ada pemimpin dalam satu hari". Maka pemimpin tersebut berkata kepadanya, "Kamu mendengar ini dari kedua imam tersebut? Beliau menjawab, "Sungguh kedua telingaku ini telah mendengar dari beliau". Lantas beliau pun di bebaskan.

 3. Masyarakat tidak mungkin bisa menjadi baik melainkan dengan keadilan
الرعية لا يصلحها إلا العدل

جاء في "البداية والنهاية" لابن كثير (10/126) في ترجمة الخليفة العباسي عبد الله بن محمد بن علي أبي جعفر المنصور رحمه الله أنه قال لابنه المهدي: «إن الخليفة لا يصلحه إلا التقوى، والسلطان لا يصلحه إلا الطاعة، والرعية لا يصلحها إلا العدل، وأولى الناس بالعفو أقدرهم على العقوبة، وأنقص الناس عقلاً من ظلم من هو دونه. يا بني استدم النعمة بالشكر، والقدرة بالعفو، والطاعة بالتأليف، والنصر بالتواضع والرحمة للناس، ولا تنس نصيبك من الدنيا، ونصيبك من رحمه الله».


       Di sebutkan dalam kitab "Bidayah wa Nihayah" oleh Ibnu Katsir dalam jilid 10/126 ketika beliau menjelaskan biografinya Khalifah al-Abas Abdullah bin Muhammad bin Ali Abu Ja'far al-Manshur rahimahullah, di mana beliau pernah mengatakan kepada anaknya al-Mahdi:
 "Sesungguhnya khalifah tidak layak di sandang kecuali oleh orang yang bertakwa, kepemimpinan tidak layak di pegang melainkan bagi orang yang taat kepada Allah, (ingatlah) masyarakat tidak akan menjadi baik melainkan jika di perlakukan dengan adil, (sedangkan) manusia yang terbaik adalah orang yang suka memberi maaf sedangkan dirinya mampu untuk memberi hukuman kepadanya, dan manusia yang paling sedikit akalnya adalah orang yang menzalimi orang lain yang di bawah kekuasaannya. Wahai anak ku senantiasa iringi sebuah nikmat dengan rasa syukur, sertai kekuatan dengan senang memberi maaf pada (orang lain), ketaatan dengan lemah lembut, dan ikuti kemenangan dengan rendah diri dan menyayangi orang lain, (dan) jangan lupakan (untuk mengambil) bagianmu di dunia serta bagianmu dari rahmatnya Allah Azza wa jalla".


 4.Kemarahan penguasa lebih ringan dari kemurkaan Allah Azza wa jalla
غضب الأمير أهون من غضب الله


جاء في "العقد الفريد" لابن عبد ربه (4/25) ما نصه: «دخل جامع المحاربي على الحجاج – وكان جامع شيخًا صالحًا خطيبًا لبيبًا جريئًا، وهو الذي قال للحجاج حين بنى مدينة واسط: بنيتها في غير بلدك. وتورثها غير ولدك. فجعل الحجاج يشكو له سوء طاعة أهل العراق وقبح مذهبهم، فقال جامع: أما إنهم لو أحبوك لأطاعوك، على أنهم ما شنئوك لنسبك ولا لبلدك، ولا لذات نفسك، فدع عنك ما يبعدهم منك إلى ما يقربهم إليك، والتمس العافية ممن دونك تعطها ممن فوقك، وليكن إيقاعك بعد وعيدك، ووعيدك بعد وعدك.
فقال الحجاج: ما أرى أن أردَّ بني اللكيعة إلى طاعتي إلا بالسيف.
قال جامع: إن السيف إذا لاقى السيف ذهب الخيار.
قال الحجاج: الخيار يومئذ لله.
قال جامع: أجل، ولكنك لا تدري لمن يجعله الله.
قال الحجاج: إنك من محارب يا هناه.
قال جامع:
وللحرب سُمِّينا وكنا محاربًا
      إذا ما القنا أمسى من الطعن أحمرا

قال الحجاج: والله لقد هممت أن أخلع لسانك فأضرب به وجهك.
قال جامع: إن صدقناك أغضبناك، وإن غششناك أغضبنا الله، وغضب الأمير أهون علينا من غضب الله.
قال الحجاج: أجل، وسكت».



     Di nukil dari kitab "Al-Aqdul Farid" karangan Ibnu Abdirabihi jilid 4/25, berikut salinan teksnya:
      Pada suatu hari Jami' al-Mahaaribi masuk pada Hajaj bin Yusuf  - Jami' al-Mahaaribi adalah seorang syaikh yang sholeh, penceramah ulung, cerdas dan berbudi pekerti, beliau adalah orang yang pernah mengatakan kepada al-Hajaj tatkala membangun kota Wasith, "Engkau membangunnya bukan di negeri asalmu, dan akan diwarisi oleh selain keturunanmu".
       Beliau menemui al-Hajaj, maka al-Hajaj mengeluh kepadanya tentang jeleknya perangai penduduk Iraq di mana mereka juga enggan untuk mentaatinya serta mengeluhkan buruknya pemikiran yang mereka miliki kepada beliau.
     Syaikh Jami' berkata kepadanya: "Adapun mereka seandainya mereka mencintaimu tentu mereka akan mentaati dirimu, bersamaan dengan itu apa urusan mereka dengan dirimu, engkau tidak ada ikatan nasab dengan mereka, begitu juga ini bukan negerimu, tidak pula membuat engkau merasa tenang. Buang jauh-jauh dari pikiranmu yang membuat mereka malah bertambah jauh darimu lalu berpikirlah agar mereka bisa dekat denganmu, jadilah orang yang suka memaafkan kepada orang yang lebih rendah darimu maka orang yang di atasmu akan membalasnya, dan hendaklah ancaman itu selaras dengan (perkaranya), dan berilah mereka janji yang baik".
     Maka al-Hajaj menimpalinya: "Saya tidak ada pilihan lain supaya Bani al-Lukai'ah kembali mentaatiku melainkan dengan menggunakan pedangku ini".
     Di jawab oleh syaikh Jami': "Sesungguhnya jika pedang sudah bertemu dengan pedang, maka tidak ada lagi pilihan".
     Berkata al-Hajaj: "Pilihan pada waktu itu diserahkan kepada Allah Ta'ala".
Beliau menjawab: "Benar perkataanmu, namun kamu tidak tahu pada siapa Allah akan menjatuhkan pilihanya".
      Al-Hajaj menukas perkataan beliau: "Sungguh dirimu termasuk orang yang pandai berperang, bukankah begitu".
Beliau lantas menjawab dengan untaian bait syair:
Al-Harb itulah nama kami, dan kami orang yang pandai berperang
 Jika kami berperang tentu dengan sebab yang benar
    Al-Hajaj berkata: "Demi Allah, sungguh saya berkeinginan untuk mencabut lidahmu lalu saya pukul wajahmu".
Syaikh Jami' menjawab: "Jika kami berkata jujur kami membuat kamu marah, namun jika kami berpura-pura dan membuat kamu senang maka kami telah membuat Allah murka, dan kemarahan pemimpin itu lebih ringan dari pada kemurkaan Allah Azza wa jalla".
Al-Hajaj mengatakan: "Benar (apa yang kamu katakan)", kemudian beliau pun diam.



5.Seorang Khalifah yang kekuasaanya tidak lebih dari segelas air
ملك لا يساوي شربة ماء


جاء في "شذرات الذهب في أخبار من ذهب" لابن العماد الحنبلي (1/336) في ترجمة الخليفة هارون الرشيد رحمه الله تعالى ما نصه: «دخل ابن السماك على الرشيد، فاستسقى الرشيد ماءً، فقال له ابن السماك: بالله يا أمير المؤمنين لو منعت هذه الشربة بكم تشتريها؟ قال: بملكي. قال: لو منعت خروجها، بكم كنت تشتريه؟ قال: بملكي. فقال: إن ملكًا قيمته شربة ماء لجدير ألا ينافس عليه».


    Telah di sebutkan dalam kitab "Syadzraat dzahab fii akhbaari man dzahaba"  karangan Ibnul Amaad al-Hanbali juz 1/336, ketika menjelaskan biografinya Khalifah Harun ar-Rasyid rahimahullah, berikut nukilannya:
     Pada suatu hari Ibnu Samak pernah masuk ke istana Harun ar-Rasyid, maka ar-Rasyid meminta untuk di hadirkan air minum untuknya. Berkata Ibnu Samak kepada beliau: "Wahai amirul mu'minin,demi Allah (saya bertanya kepadamu, jika seandainya engkau terhalangi (oleh penyakit dan tidak bisa meminum air ini kecuali harus mengobati terlebih dahulu, berapa dirham akan engkau bayar? Beliau menjawab: "Dengan setangah kerajaanku". Ibnu Samak bertanya lagi: "Kalau seandainya setelah kamu meminumnya lantas tidak bisa keluar dari badanmu, berapa banyak akan kamu bayar? Beliau menjawab, "Dengan setengahnya lagi dari kekuasaanku". Ibnu Samak lantas mengatakan kepadanya, "Sungguh kerajaanmu nilainya tidak lebih dari segelas air, oleh karena itu tidak selayaknya untuk saling berlomba-lomba untuk mendapatkanya". 

6.Diamlah, Fir'aun binasa salah satunya karena campur tangan Hamaan
اسكت إنما أهلك فرعون هامان



جاء في "سراج الملوك" (ص51) و"الورع" للإمام أحمد (ص162) و"مقدمة الجرح والتعديل" (ص14) في ترجمة الإمام القدوة العابد الفقيه سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي رحمه الله تعالى ما نصه:
قال سفيان الثوري:
لما حج أبو جعفر المنصور قال: لا بد لي من سفيان. فوضعوا لي الرصد حول البيت فأخذوني بالليل، فلما مُثلت بين يديه أدناني ثم قال: لأي شيء لا تأتينا فنستشيرك في أمرنا، فما أمرتنا من شيء صرنا إليه، وما نهيتنا عن شيء انتهينا عنه.
فقلت له: كم أنفقت في سفرك هذا؟
قال: لا أدري، لي أمناء ووكلاء.
قلت: فما عذرك غدًا، إذا وقفت بين يدي الله تعالى فسألك عن ذلك؟ لكن عمر بن الخطاب رضي الله عنه لما حج قال لغلامه: كم أنفقت في سفرنا هذا؟ قال: يا أمير المؤمنين، ثمانية عشر دينارًا.
فقال: ويحكم أجحفنا ببيت مال المسلمين، وقد علمت ما حدثنا به منصور بن عمار وأنت حاضر ذلك، وأول كاتب كتبه في المجلس، عن إبراهيم عن الأسود عن علقمة عن ابن مسعود أن رسول الله  قال: «رب متخوض في مال الله، ومال رسول الله فيما شاءت نفسه له النار غدًا».
فيقول أبو عبيد الكاتب أحد متزلفي الحاشية: أمير المؤمنين يُستقبل بمثل هذا؟ فيجيبه سفيان: «اسكت إنما أهلك فرعون هامان، وهامان فرعون».

     
 Di sebutkan sebuah kisah dalam kitab "Siraajul Muluuk" hal 51, demikian juga dalam kitab "al-Wara'" oleh Imam Ahmad hal: 162, juga dalam kitab "Muqodimah Jarh wa Ta'dil" hal 14, ketika sedang menjelaskan biografinya Imam al-Qudwah, ahli ibadah, yang fakih Sufyan bin Sa'id bin Masruuq ats-Tsauri al-Kufii rahimahullah, sebagai berikut:
   Berkata Sufyan ats-Tsauri, "Ketika Abu Ja'far al-Mansyur melaksanakan ibadah haji, dirinya berkata: "Sekarang saya membutuhkan Sufyan sebagai pemandu ibadahku". Maka para pengawalnya pun sibuk menyebar di sekitar Ka'bah guna mencari dan mengawasiku, mereka pun menemukanku ketika hari sudah menjelang malam lalu saya di bawa untuk menghadap kepadanya, ketika saya sudah berdiri di hadapannya, dia menyuruh supaya saya mendekat kepadanya, kemudian mengatakan: "Kenapa kamu enggan untuk mendatangi kami, supaya kami bisa meminta pendapat serta fatwa darimu dalam urusan kami, apa yang kamu perintahkan kepada kami, kami akan mematuhinya, dan apa yang kamu larang untuk kami, kami akan menjauhinya".
   Maka saya bertanya kepadanya, "Berapa banyak uang yang telah engkau keluarkan untuk perjalanan ibadah ini?
Dia menjawab: "Saya tidak tahu pastinya, tapi saya punya orang-orang yang amanah yang bisa saya percayai".
          Lalu saya katakan: "Dengan apa kamu akan memberi alasan esok (pada hari kiamat), ketika dirimu berdiri di hadapan Allah Azza wa jalla, manakala Allah bertanya kepadamu tentang harta tersebut? sedangkan kamu hanya mempercayakan kepada orang lain, Akan tetapi (lihatlah kepada) Umar bin Khatab semoga Allah meridhoinya tatkala pergi menunaikan haji, beliau bertanya kepada pembantunya: "Berapa banyak biaya yang telah kamu keluarkan untuk perjalanan ini? Pembantunya menjawab: "Wahai Amirul Mu'minin, (biaya yang di keluarkan semuanya) delapan belas dinar".
           Dia menjawab: "Apa engkau menyangka kalau kami menggunakan harta (tersebut) dari baitul muslimin, bukankah kamu telah mengetahui apa yang pernah di ceritakan kepada kita oleh Mansyur bin Amaar sedangkan engkau hadir pada saat itu, sebagai orang pertama yang menulis hadits darinya di antara orang-orang yang berada di majelis tersebut, (dia mengatakan, telah meriwayatkan) dari Ibrahim dari al-Aswad dari al-Qomah dari sahabat Ibnu Mas'ud bahwa Rasulallah Shalallahu 'alaihi wa salam pernah bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه و س ( رب متخوض في مال الله ومال رسول الله فيما شاءت نفسه له النار غدًا )) [رواه الترمذي وصححه الأبلباني]

"Celakalah bagi orang yang mencampur aduk (antara hartanya dengan) harta Allah dan harta RasulNya sesuai yang dia inginkan, karena pada hari kiamat nanti tempatnya di neraka". HR. Tirmizi dan disahihkan oleh al Bani
        Abu Ubaid seorang bendaharanya mengatakan: "Apakah Amirul Mu'minin terima di perlakukan seperti ini?
Maka Sufyan berkata kepadanya: "Diamlah, hanyalah saja yang membuat hancur Fir'aun adalah Hamaan, demikian pula sebaliknya". 
 
   7.  Juallah dunia lalu ambil akhiratmu pasti engkau akan beruntung
بعْ دنياك بآخرتك تربحهما جميعًا


جاء في "تهذيب الكمال" (6/116)، و" حلية الأولياء" لأبي نعيم (2/143) في ترجمة الإمام القدوة سيد التابعين وأحد الزهاد المعروفين الحسن بن أبي الحسن أبي سعيد البصري – رحمه الله – ما نصه:


         Di kisahkan dalam kitab "Tahdzibul Kamal"  juz 6/116, begitu juga dalam kitab  "Hilyah Auliyaa" karangan Abu Nu'aim  juz 2/143, ketika sedang menjelaskan biografinya Imam al-Qudwah pembesarnya para Tabi'in dan salah seorang ahli zuhud yang sangat terkenal yaitu al-Hasan bin Abu Hasan, Abu Sa'id al-Basri rahimahullah, berikut nukilannya:

«حدثنا عبد المؤمن بن عبيد الله، عن الحسن قال: يا ابن آدم، عَمَلَكَ، عَمَلَكَ، فإنما هو لحمك ودمك، فانظر على أي حال تلقى عملك، إن لأهل التقوى علامات يعرفون بها: صدق الحديث، والوفاء بالعهد، وصلة الرحم، ورحمة الضعفاء، وقلة الفخر والخيلاء، وبذل المعروف، وقلة المباهاة للناس، وحسن الخلق، وسعة الخلق فيما يقرب إلى الله.


         Abdul Mu'min bin Ubaidillah dari Hasan Basri, telah menceritakan kepada kami, "Wahai anak Adam, amalanmu, amalanmu, dia adalah bagian dari darah dan dagingmu, lihatlah di mana kamu letakan amalanmu tersebut, sesungguhnya ahli takwa mempunyai tanda yang mereka bisa di ketahui dengannya, (yaitu) jujur ketika berkata, menetapi janji, menyambung tali silaturahim, sayang kepada orang lemah, tidak suka berbangga diri apalagi menyombongkan diri, suka menolong, tidak suka beradu ketenaran bersama orang lain, berbudi pekerti, senang membantu makhluk dengan perkara yang bisa mendekatkan dirinya kepada Allah.

يا ابن آدم، إنك ناظر إلى عملك يوزن خيره وشره، فلا تحقرن من الخير شيئًا وإن هو صغر، فإنك إذا رأيته سرك مكانه، ولا تحقرن من الشر شيئًا، فإنك إذا رأيته ساءك مكانه،

         Duhai anak Adam, sesungguhnya kamu seperti permisalan dari amalan yang engkau kerjakan, hanya engkau yang bisa menimbang baik dan buruknya, janganlah sekali-kali kamu sepelekan perbuatan baik sekecil apa pun, dia kecil di matamu namun jika kamu harus merasa senang dengannya karena bisa mengerjakanya, dan jangan kamu remehkan sedikitpun dari perbutana jelek, oleh karena itu pandanglah ia dengan keburukan.

      فرحم الله رجلاً كسب طيبًا، وأنفق قصدًا، وقدم فضلاً ليوم فقره وفاقته، هيهات، هَيهات، ذهبت الدنيا بحالتي مآلها، وبقيت الأعمال قلائد في أعناقكم، أنتم تسوقون الناس، والساعة تسوقكم، وقد أسرع بخياركم، فماذا تنتظرون؟ المعاينة فكأن قد، إنه لا كتاب بعد كتابكم، ولا نبي بعد نبيكم.
 

Semoga Allah merahmati seseorang yang bekerja dengan baik, dengan tujuan untuk bisa berinfak, memilih hidup miskin dari pada untuk mendapat keutamaan, duhai sungguh sangat sayang dunia telah pergi dengan segala angan-angannya, (sekarang) yang tersisa hanyalah amal sholeh yang terkalung di pundak-pundak kalian, kalian sibuk dengan jual beli bersama manusia, sedangkan waktu telah membelimu, dan sungguh kalian telah kalah sigap untuk bisa menjatuhkan pilihan, maka apa lagi yang kalian tunggu? Seolah-olah kalian sudah mendapat jaminan, (ketahuilah) sesungguhnya tidak ada lagi kitab setelah kitab kalian ini (maksudnya al-Qur'an), tidak pula ada nabi setelah nabi kalian.

 يا ابن آدم، بع دنياك بآخرتك تربحهما جميعًا، ولا تبيعن آخرتك بدنياك فتخسرهما جميعًا»
.

      Duhai anak Adam, juallah duniamu dengan akhiratmu maka engkau akan mendapat keuntungan pada keduanya, namun jangan sekali-kali kamu jual akhiratmu dengan duniamu karena engkau akan merugi selama-lamanya.


8.Pengkhianat akan di telantarkan sedangkan orang yang ingkar janji pasti akan di benci
الغادر مخذول والناكث مغلول
جاء في «قصص العرب»: (3/80) عن عمرو بن حفص مولى الأمين أنه قال:


      Di kisahkan dalam kitab "Qoshoshul Arab" juz 3/80 yang di riwayatkan dari jalur Amr bin Hafs mantan budak al-Amin, bahwasanya dia pernah berkata

:
دخلت على محمد الأمين في جوف الليل، وكنت من خاصته، أصل إليه حيث لا يصل إليه أحد من مواليه وحشمه، فوجدته والشمع بين يديه وهو يفكر، فسلمت عليه، فلم يرد علي، فعلمت أنه في تدبير بعض أموره، فلم أزل واقفًا حتى مضى أكثر الليل، ثم رفع رأسه إليَّ فقال:
أحضر لي خزيمة بن خازم، فمضيت إليه فأحضرته، فلم يزل في مناظرته حتى انقضى الليل، فسمعت خزيمة وهو يقول:
أنشدك الله يا أمير المؤمنين، ألا تكون أول الخلفاء نكث عهده، ونقض ميثاقه، واستخف بيمينه، ورد رأي الخليفة قبله.


 "Pada suatu ketika saya masuk ke ruangan Muhammad bin al-Amin pada pertengahan malam, dan saya termasuk orang dekatnya yang bisa masuk ke ruangannya kapan saja saya inginkan, yang mana tidak mungkin seorangpun dari para pelayan lainnya yang bisa masuk kepadanya, maka saya mendapati beliau sedang mendunduk sambil merenung sedangkan lentera kecil berada di hadapanya, saya ucapkan salam, namun beliau tidak menjawabnya, dari situ saya mengetahui kalau dirinya sedang berpikir tentang sebagian urusanya, saya pun tetap berada pada tempat saya berdiri sampai malam jauh meninggalkan kami, tidak lama kemudian beliau mengangkat kepalanya, lalu berkata kepada saya: " Tolong panggilkan Khuzimah bin Khaazim". Saya pun berpaling pergi ke tempatnya Khuzaimah bin Khazim lalu menghadapkan kepada beliau, maka saya dapati mereka berdua berada dalam diskusi yang berat sampai malam pergi menjelang pagi, di antara pembicaraanya, saya mendengar Khuzimah berkata: "Demi Allah, wahai Amirul Mu'minin saya bertanya kepadamu, akankah engkau senang kalau di katakan sebagai khalifah pertama yang mengingkari janji pada zamannya, melepas ikatan yang sudah sangat kuat, menganggap rendah orang-orang yang berada di sekelilingnya dan menolak gagasan dari khalifah yang sebelumnya".

فقال: اسكت، لله أبوك، فعبد الله بن خازم كان أفضل منك رأيًا، وأكمل نظرًا حيث يجتمع فحلان في هجمة.
ثم جمع وجوه القواد، فكان يعرض عليهم واحدًا واحدًا ما اعتزمه، فيأبونه، وربما ساعده قوم، حتى بلغ إلى خزيمة بن خازم وشاوره في ذلك، فقال: يا أمير المؤمنين، لم ينصحك من كذبك، ولم يغشك من صدقك، لا تجرئ القواد على الخلع فيخلعوك، ولا تحملهم على نكث العهد فينكثوا عهدك وبيعتك، فإن الغادر مخذول، والناكث مغلول.

       Beliau menjawab: "Diamlah, celakalah bapakmu, sungguh  Abdullah bin Khazim lebih bagus pendapatnya dari pada pendapatmu, lebih sempurna di dalam menilai, yang mana dia mengumpulkan solusinya sebelum memberi kata putus".
       Kemudian pada keesokan harinya beliau mengumpulkan para punggawanya, lalu mengungkapkan kepada mereka satu persatu apa yang menjadi keinginannya, namun mereka enggan untuk mematuhinya hanya sedikit saja yang mau menyanggupinya, hingga sampai perkara tersebut kepada Khuzaimah bin Khaazim, mereka pun meminta pendapatnya di dalam masalah tersebut. Lantas dia pun datang menghadap kepada khalifah lalu berkata kepadanya,
"Wahai Amirul Mu'minin, tidak ada orang yang tertawa kepada orang-orang yang mendustakanmu, orang  yang jujur tidak akan menipumu, jangan sekali-sekali menggiring para punggawa untuk melepas ba'iatnya karena akan berakibat mereka melepasnya, jangan bebani mereka supaya melanggar perjanjian karena akan berakibat kepada mereka untuk melanggar sumpah dan ba'iatnya kepadamu, (ketahuilah) sesungguhnya seorang pengkhianat itu akan di tinggalkan sedangkan orang yang melanggar janji pasti akan di benci".


9.Jangan lupakan saudaraku sekalipun wajahku telah tiada karena mereka akan tetap mengingatku

إخواني إن فقدوا وجهي فلا يفقدوا معروفي
جاء في "تهذيب الكمال" (22/37) في ترجمة التابعي الجليل عمرو بن سعيد بن العاص أبي أمية القرشي الأموي المدني المعروف بالأشدق رحمه الله تعالى ما نصه: «عن عبد الملك بن عمير، عن أبيه قال: لما حضر سعيد بن العاص الوفاة جمع بنيه، فقال: أيكم يكفل ديني؟ فسكتوا. قال: ما لكم لا تكلمون؟
فقال عمرو الأشدق وكان عظيم الشدقين: وكم دينك يا أبة؟
قال: ثلاثون ألف دينار.
قال: فبم استدنتها يا أبة؟
قال: في كريم سددت فاقته، وفي لئيم فديت عرضي عنه.
فقال عمرو: هي عليَّ يا أبة.
فقال سعيد: مضت خَلَّةٌ وبقيت خلتان.
فقال عمرو: وما هما يا أبة؟
قال: بناتي لا تزوجهن إلا من الأكفاء ولو بعُلق الخُبز الشعير.
فقال: وأفعل يا أبة.
قال سعيد: مضت خلتان وبقيت خلة واحدة.
فقال: وما هي يا أبة؟
فقال: إخواني إن فقدوا وجهي فلا يفقدوا معروفي.
فقال عمرو: وأفعل يا أبة.
فقال سعيد: أما والله لئن قلت ذلك، لقد عرفت ذلك في حماليق وجهك وأنت في مهدك.
ثم قال سعيد: ما شتمت رجلاً منذ كنت رجلاً، ولا كلفت من يرتجيني أن يسألني، لهو أمَنّ علي مني عليه إذا قضيتها له إذ قصدني الحاجة».


           Di kisahkan dalam kitab "Tahdzibul Kamal"  juz 22/37 ketika penulis sedang menjelaskan biografinya seorang ulama Tabi'in yang mulia Amr bin Sa'id bin Ash Abu Umayah al-Quraisyi al-Umawi yang lebih di kenal dengan nama al-Asydaq rahimahullah, berikut nukilannya:
           Kisah ini di riwayatkan oleh Abdul malik bin Amiir dari bapaknya, ia berkata: "Tatkala Sa'id bin Ash sudah dekat dengan ajalnya, beliau mengumpulkan semua anak-anaknya, lalu bertanya kepada mereka semua, "Siapa yang sanggup menanggung hutangku? Mereka semua menunduk diam. Beliau bertanya kembali, "Kenapa kalian tidak ada yang menjawabnya?
           Maka Amr al-Asydaq menjawab dan beliau adalah seorang pembesar asy-Syadaqoin, "Wahai bapakku berapa (besar) hutangmu? Bapaknya menjawab: "Tiga puluh ribu dinar".
"Duhai bapakku engkau gunakan untuk apa saja (uang sebanyak itu)" tanya Amr, bapaknya menjawab: "Untuk kebaikan yang saya kira tepat sasarannya, dan untuk menebus hutang orang fakir yang sudah tidak sanggup membayar hutangnya". "Sudah itu semua biar saya yang menanggungnya" jawab Amr.
       Berkata Sa'id kepadanya, "Saya lega masalahku sudah selesai satu, tapi aku masih punya dua masalah lagi".
       Amr bertanya, "Apakah itu, wahai bapakku?
Dia menjawab, "Jangan nikahkan anak perempuanku  melainkan dengan orang yang setara denganya walau hanya dengan sedikit roti dan gandum".
      Amr menjawab: "Akan saya tunaikan pesanmu".
Bapaknya berkata kembali: "Satu tanggunganku sudah beres, tinggal satu beban lagi".
Amr bertanya: "Apa itu wahai bapakku?
       Bapaknya menjawab: "Saudaraku walau pun mereka sudah kehilangan wajahku namun mereka tetap masih mengenalku (maksudnya jalinlah hubungan baik bersama mereka.pent)".
Amr menjawab: "Akan saya tunaikan pesanmu".
Sa'id berkata: "Adapun sungguh demi Allah apa yang kamu ucapan, saya telah mengetahuinya dari pandangan matamu, semoga kamu di beri kemudahan (untuk melakukanya)".
       Kemudian beliau melanjutkan perkataanya, "Tidak pernah saya mencaci seorang pun semenjak saya menjadi orang, tidak pernah pula saya merasa terbebani oleh orang lain yang meminta kepadaku, dan dia selalu dalam keadaan aman dari saya sampai dirinya mampu melunasinya, jika memang dia membutuhkannya".  
 
 

SABAR,  BERSYUKUR dan RIDHO ..
Motifasi indah dari hikmah salaf)



Suatu hari Ibrahim bin adhim pergi berangkat haji dengan berjalan kaki


Maka ada seorang laki2 yg sedang mengendarai unta melihatnya, kemudian bertanya :



Hendak kemana engkau pergi wahai ibrahim


Ibrahim : aku hendak pergi haji



Laki-laki : mana kendaraanmu , bukankah perjalanan itu panjang?



Ibrahim : aku memiliki kendaraan yang banyak akan tetapi kamu tidak melihatnya 
Laki-laki : apa itu ?


Ibrahim : aku menaiki kendaraan SABAR ketika  musibah mendatangiku



Jika nikmat datang kepadaku aku mengendarai kendaraan  SYUKUR kpd Allah


Dan  aku mengendarai kendaraan RIDHO ketika takdir mendatangiku



Maka laki-laki itu berkata kepadanya : sungguh (engkau tahu)  barokah Allah yg tersembunyi , kalau begitu engkaulah orang yg berkendaraan dan aku orang yg sedang berjalan kaki ... 

( Hikmahnya:
- Yang Susah Itu "SABAR".
- Yang Sering Lupa Itu "BERSYUKUR".
-Yang berat itu " RIDHO"

Alangkah indahnya jika kita senantiasa ber-Sabar,ber-Syukur dan Ridho atas segala takdir yg Allah tentukan buat kita,  Allah mengetahui apa yg terbaik buat kita semuanya , maka bersyukurlah, bersabarlah dan tanamkan keridhoan atas segala peristiwa yg kita lalui ...

Berbaik sangkalah (optimislah)  kpd Allah, krn Allah itu tergantung persangkaan hambaNYA ..

Semoga Allah selalu dan senantiasa menolong dan menjaga kita semuanya ).... 

(Diterjemahkan oleh  Fafa Al-Faqier Al-khaqier)
Semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar